Anda belum login :: 05 Dec 2025 00:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TAX AVOIDANCE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MULTINASIONAL SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2021–2023
Bibliografi
Author:
'Yudyanti, Theresia Klarisha
;
Setiabudi, Andang Wirawan
(Advisor)
Topik:
Transfer Pricing
;
Profitabilitas
;
Leverage
;
Penghindaran Pajak
;
Ukuran Perusahaan
;
Regresi Panel.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Akuntansi Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Theresia Klarisha Yudyanti_Master Theses_2025.pdf
(1.67MB;
4 download
)
202300120051_Theresia Klarisha Yudyanti_Lembar Administrasi.pdf
(836.64KB;
0 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh profitabilitas, leverage, penghindaran pajak, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan multinasional sektor konsumen non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2021–2023. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi panel, di mana model terbaik ditentukan melalui uji Chow, Hausman, dan Lagrange Multiplier, serta diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghindaran pajak dan ukuran perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan transfer pricing; sebaliknya, profitabilitas dan leverage memberikan pengaruh yang signifikan. Hasilnya menunjukkan bahwa otoritas pajak harus melakukan pengawasan berbasis risiko terhadap perusahaan dengan tingkat profitabilitas dan leverage yang tinggi. Selain itu, temuan ini mendorong perusahaan untuk menetapkan kebijakan transfer pricing yang sesuai dengan kewajaran dan kelaziman bisnis.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)