Anda belum login :: 04 Sep 2025 15:40 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pembelajaran Guru SMP LS Tentang Pendisiplinan Positif
Bibliografi
Author:
Wang, Angela
;
Chelseandra, Beatrice
;
Jonathan, James
;
Tunjungsari, Laurensia Harini
Topik:
disiplin positif
;
intervensi guru
;
pengelolaan perilaku
;
pendidikan karakter
Bahasa:
(ID )
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Naskah Karya Ilmiah (NKI) dengan Registrasi Karya Ilmiah (RKI)
Fulltext:
Surat Registrasi Karya Ilmiah atas nama Laurensia Harini Tunjungsari, M.Psi., Psikolog.pdf
(107.63KB;
1 download
)
Pembelajaran-Pendidikan-Positif-pada-Guru-SMP-SL-Wang-Chelseandra-Jonathan-Tunjungsari-rev.pdf
(274.03KB;
1 download
)
Abstract
Masa SMP merupakan fase perkembangan kritis yang memerlukan pendekatan pendisiplinan yang mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Hasil analisis kebutuhan di SMP LS menunjukkan masalah utama berupa ketidakkonsistenan dalam penerapan disiplin, dominasi pendekatan punitif, serta kurangnya pemahaman guru terhadap kebutuhan siswa. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan intervensi melalui pelatihan disiplin positif yang mencakup diskusi konsep “4 Mistaken Goals of Misbehavior”, pemberian booklet panduan, dan penugasan penyusunan rencana disiplin. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru secara konseptual, meskipun implementasi masih terbatas akibat rendahnya partisipasi tindak lanjut dan dominasi pendekatan hukuman dalam rencana yang dibuat. Temuan ini menegaskan perlunya intervensi lanjutan yang berkelanjutan, supervisi aktif, dan kolaborasi pemangku kepentingan untuk membangun kultur disiplin yang adil, reflektif, dan mendidik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)