Anda belum login :: 23 Apr 2025 13:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pustakawan Profesional Salah Satu Cermin dalam Pelaksanaan Layanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi yang Ideal
Oleh:
Rulyah, Siti
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
JKDMM: Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca vol. 28 no. 2 (2012)
,
page 39-56.
Topik:
Layanan Prima
;
Pustakawan Profesional
;
Perpustakaan Ideal
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
KK20.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang deselenggarakan dan dikelola oleh suatu perguruan tinggi untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan mahasiswa dan anggota sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan melalui sejumlah kegiatan dan peberian jasa layanan yaitu, (a) menyediakan sumber informasi dlam rangka membantu tujuan, tugas poko dan program perguruan tinggi, (b) membantu mahasiswa, staf pengajar dan staf akademis lainnya dalam menunjang kelancaran dalam perencanaan, proses, keberlangsungan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan perguruan tinggi, (c) menghimpun segala dokumen dan karya ilmiah baik yang dihasilkan oleh staf pengajar, mahasiswa, maupun staf akademis lainnya, baik perorangan mau[un kelembagaan di dalam lingkungan dan berkaitan dengan kpentingan pembinaan dan pengambangan perguruan tinggi, (d) bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya memperkaya khasanah informasi dan ilmu pengetahuan dalam begbagai bidang kajian dan disiplin keilmuan sepanjang berkaitan dengan asas dan tujuan perguruan tinggi, (e) memberukan jasa informasi dan pembinaan di bidang perpustakaan dalam menciptakan masyarakat belajar di lingkungan perguruan tinggi. Fungsi perpusatakaan perguruan tinggi adalah sebagai pusat informasi, pusat edukatif, pusat riset, pusat administratif teknis dan tempat rekratif. Untuk menjalankan fungsi ini harus ditopang dengan pelayanan yang baik dan prima yang dalam pelaksanaannya perpustakaan harus memiliki tiga komponon utama yaitu (a) pepberdayaan sumber daya insani dan sumber daya non insasi (human resources and non human resources), (b) pelayanan yang tidak besifat menunggu (service), (c) pemberdayaan pemustaka (user's empowering). Untuk mewujudkan layanan prima ini perpustakaan dituntut untuk memiliki SDM perpustakaan yang profesional yang harus siap berubah menyesuaikan keadaan yang menantang dan adaptif memanfaatkan teknologi informasi; memiliki people skills/soft skills seperti : terampil dalam pemecahan maslah, memiliki etika, terbuka, komunikatif, berjiwa kepemimpinan, dan berkemauan belajar, selalu berfikir positif, memiliki personal added value misalnya piawai sebagai navigator, sebagai trainer, atau nilai tambahan lain; berwawasan enterpreneurship; memiliki kemampuan dalam team work dan yang terpenting sebagai orang yang efektif yaitu orang yang selalu berusaha mengembangkan dirinya. Dengan demikian apabila sebuah perpustakaan telah melakukan layanan secara prima serta memiliki SDM yang profesional dan andal akan terwujudlah sebuah perpustakaan yang ideal yang mampu memberikan nilai keunggulan dengan sikap kompetitif yang sehat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)