Anda belum login :: 03 Sep 2025 10:13 WIB
Detail
BukuPERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN DARI PEMBELIAN PRODUK ELEKTRONIK TANPA GARANSI MELALUI E-COMMERCE DI INDONESIA DAN SINGAPURA
Bibliografi
Author: RADJA, LOVELY NARITA PUTRI ; Candini, Tivana Arbiani (Advisor)
Topik: Perlindungan; Konsumen; Garansi; E-Commerce
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perkembangan e-commerce di Indonesia dan Singapura telah memunculkan tantangan baru dalam perlindungan konsumen, khususnya terkait penjualan produk elektronik tanpa garansi. Di Indonesia, garansi diatur secara tegas dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, termasuk jangka waktu minimal satu tahun. Sebaliknya, Singapura tidak menetapkan batas waktu garansi secara eksplisit dalam regulasi, sehingga bergantung pada kebijakan masing-masing pelaku usaha. Penelitian ini merumuskan dua masalah utama: tanggung jawab pelaku usaha atas penjualan produk tanpa garansi dan perbandingan perlindungan hukum konsumen di kedua negara. Metode yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem hukum Indonesia lebih normatif dan sanksinya mencakup pidana, sementara Singapura menekankan efisiensi dan penyelesaian sengketa melalui lembaga seperti Small Claims Tribunals. Disarankan agar pemerintah memperkuat regulasi dan pengawasan, konsumen meningkatkan literasi hukum, serta platform e-commerce menyediakan verifikasi keaslian produk untuk menciptakan ekosistem perdagangan digital yang adil dan bertanggung jawab.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)