Anda belum login :: 16 Aug 2025 02:11 WIB
Detail
BukuAnalisis Sentimen Bedasarkan Ulasan Konsumen dengan Metode Klasifikasi Supervised Machine Learning
Bibliografi
Author: Wijaya, Fino Alvis ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Analisis Sentimen; Supervised Machine Learning; SVM; TF-IDF; Ulasan Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Transformasi digital mendorong perusahaan untuk mengandalkan ulasan konsumen sebagai sumber informasi penting dalam meningkatkan kualitas layanan. Namun, volume data ulasan yang besar memerlukan pendekatan analitik otomatis. Penelitian ini membandingkan enam metode klasifikasi supervised machine learning, yaitu Logistic Regression, K-Nearest Neighbors (KNN), Support Vector Machine (SVM), Naive Bayes, Decision Tree, dan Random Forest, dalam memprediksi sentimen ulasan konsumen terhadap aplikasi transportasi online. Data dikumpulkan melalui web scraping sebanyak 5000 ulasan dari Google Play Store, kemudian diproses menggunakan teknik text preprocessing dan TF-IDF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SVM menghasilkan performa terbaik dengan akurasi mencapai 90% dan nilai AUC-ROC yang tinggi, sementara KNN menunjukkan performa terendah akibat masalah dimensi tinggi. Penelitian ini memberikan rekomendasi implementasi SVM untuk analisis sentimen berbasis teks di industri aplikasi transportasi online, serta menjadi dasar pengembangan penelitian lanjutan dengan pendekatan deep learning atau analisis multi-kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)