Prokrastinasi akademik merupakan perilaku individu yang secara sengaja menunda untuk menyelesaikan tugas, terlambat mengerjakan tugas, adanya kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan memilih untuk melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2022-2023 FPB Unika Atma Jaya. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif non eksperimental. Subjek penelitian mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2022–2023 FPB Unika Atma Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen skala penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan adaptasi dari Kadju (2018) yang menghasilkan 45 pernyataan valid dengan reliabilitas 0.978. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar 15 responden (36%) berada pada kategori prokrastinasi sedang. Saran bagi mahasiswa untuk melatih disiplin diri melalui penerapan manajemen waktu yang efektif, menyusun prioritas jadwal secara realitis dan terstruktur. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas objek penelitian, menggali lebih dalam faktor-faktor psikologis dan lingkungan yang mempengaruhi prokrastinasi akademik. |