Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Purchase Intention terhadap Plant-Based Food Product dengan Attitude sebagai Mediasi. Faktor-faktor utama yang dikaji meliputi Subjective Norm, Environmental Concern, dan Health Awareness. Faktor-faktor tersebut dievaluasi dalam perannya membentuk Attitude towards Plant-Based Food, serta pengaruh sikap tersebut terhadap Purchase Intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 220 responden yang merupakan anggota dari Jakarta Vegetarian Community atau Indonesia Vegetarian Society. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjective Norm, Environmental Concern, dan Health Awareness berpengaruh signifikan terhadap Attitude towards Plant-Based Food. Selanjutnya, Attitude towards Plant-Based Food juga berpengaruh dan signifikan terhadap Purchase Intention. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kesadaran konsumen terhadap aspek lingkungan, kesehatan, dan norma sosial dapat membentuk sikap positif terhadap makanan berbasis tumbuhan dan mendorong niat beli. |