Perkembangan industri kopi mendorong meningkatnya persaingan bisnis. Persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi komunikasi yang tepat, guna membangun dan mempertahankan citra perusahaan, khususnya melalui relasi dengan komunitas. Piyoh Kopi, sebagai salah satu pelaku usaha di industri kopi, menyadari pentingnya menjalin interaksi yang baik dengan komunitas, terutama dengan komunitas motor tua “Bikekinibottom”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi community relations coffee shop Piyoh Kopi dalam membangun dan memelihara citra melalui interaksinya dengan komunitas motor tua”Bikekinibottom” di Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan 12 informan anggota komunitas dan 4 informan dari manajemen coffee shop. Teori yang digunakan yaitu pemeliharaan hubungan dan citra perusahaan. Hasil temuan menunjukan bahwa, pertama, berelasi dengan komunitas membutuhkan keadilan akses, keterbukaan dan kepercayaan untuk membangun jejaring kolaboratif dalam menyelesaikan yang ada di masyarakat. Kedua, citra perusahaan yang positif dibentuk melalui relasi komunitas yang membangun persepsi, reputasi, nilai, dan identitas bersama. |