Anda belum login :: 23 Aug 2025 17:14 WIB
Detail
BukuPENGGUNAAN DIGITAL FLIPBOOK PADA PEMBELAJARAN TERPADU DI KELAS IV SD BINONG I
Bibliografi
Author: Pancarina, Tiurma ; Budhayanti, Clara Ika Sari (Advisor)
Topik: Flipbook Digital; Pembelajaran Terpadu; Keragaman Budaya; Bangun Datar; Media Pembelajaran
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengggunaan digital flipbook dalam pembelajaran terpadu pada siswa kelas IV SD Binong 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Media digital flipbook dikembangkan dengan mengintegrasikan materi keragaman budaya indonesia (PPKn) dan bangun datar (Matematika) melalui media interaktif berbasis multimedia seperti video, audio,gambar,animasi dan quiz. Hasil penelitian menunjukaan bahwa penggunaan digital flipbook sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa,antusiasme belajar,serta hasil belajar. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 96% dan hasil angket menunjukkan kelayakan media sebesar 87% dengan respon positif dari siswa dan guru. Dengan demikian, digital flipbook sangat layak digunakan ssebagai media pembelajaran terpadu yang menarik,interaktif, dan kontekstual.Pendidikan dasar memiliki peran strategis dalam membentuk fondasi keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran pada jenjang ini perlu menekankan keterkaitan antar materi dan relevansinya dengan kehidupan nyata, bukan sekadar penguasaan pengetahuan. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pembelajaran tematik terpadu, di mana beberapa kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran dipadukan dalam satu tema yang utuh. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual, serta mendukung pengembangan kompetensi abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)