Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengggunaan digital flipbook dalam pembelajaran terpadu pada siswa kelas IV SD Binong 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Media digital flipbook dikembangkan dengan mengintegrasikan materi keragaman budaya indonesia (PPKn) dan bangun datar (Matematika) melalui media interaktif berbasis multimedia seperti video, audio,gambar,animasi dan quiz. Hasil penelitian menunjukaan bahwa penggunaan digital flipbook sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa,antusiasme belajar,serta hasil belajar. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 96% dan hasil angket menunjukkan kelayakan media sebesar 87% dengan respon positif dari siswa dan guru. Dengan demikian, digital flipbook sangat layak digunakan ssebagai media pembelajaran terpadu yang menarik,interaktif, dan kontekstual.Pendidikan dasar memiliki peran strategis dalam membentuk fondasi keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran pada jenjang ini perlu menekankan keterkaitan antar materi dan relevansinya dengan kehidupan nyata, bukan sekadar penguasaan pengetahuan. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pembelajaran tematik terpadu, di mana beberapa kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran dipadukan dalam satu tema yang utuh. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual, serta mendukung pengembangan kompetensi abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. |