Anda belum login :: 14 Aug 2025 08:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Pengaruh Country of Origin dan Electronic Word of Mouth terhadap Repurchase Intention Produk Kosmetik Brand Korea di Pasar Indonesia yang Dimediasi oleh Brand Trust
Bibliografi
Author:
Tanyla, Felicia Allegra
;
Sijabat, Rosdiana
(Advisor)
Topik:
Country of Origin
;
Electronic Word of Mouth
;
Brand Trust
;
dan Repurchase Intention
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Felicia Allegra Tanyla_Undergraduate Thesis 2025.pdf
(2.86MB;
2 download
)
202102010050_Felicia Allegra Tanyla_Lembar Administrasi.pdf
(916.15KB;
1 download
)
Abstract
Industri kosmetik diperkirakan akan terus mengalami perkembangan, salah satunya disebabkan oleh globalisasi sehingga produk kosmetik dari berbagai negara dapat diakses dengan mudah oleh konsumen dari seluruh dunia. Korea Selatan berhasil menjadi salah satu negara pelopor dalam industri kosmetik global dan berhasil mempertahankan popularitas nya di tengah perkembangan produk kosmetik lokal di pasar Indonesia. Seiring dengan persaingan global yang semakin ketat, persepsi mengenai asal negara suatu produk telah berkembang menjadi salah satu hal yang membentuk persepsi konsumen dan pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah produk. Hal tersebut dikenal sebagai country of origin, terutama Korea sebagai salah satu negara dengan reputasi kuat di bidang kosmetik sering kali dianggap memiliki produk berkualitas tinggi dan inovatif. Dalam membuat keputusan pembelian, konsumen cenderung akan lebih percaya rekomendasi yang diberikan oleh orang yang sudah pernah mencoba langsung dibandingkan dengan melihat iklan dari perusahaan terkait. Seiring dengan perkembangan teknologi dan hadirnya media sosial, ulasan dan pendapat konsumen tersebut kemudian disalurkan melalui internet atau yang disebut sebagai electronic word of mouth.
Dalam menghadapi persaingan yang ketat, perusahaan membutuhkan loyalitas konsumen pada produk mereka untuk tetap bertahan. Loyalitas konsumen salah satunya dapat tercermin dari minat pembelian ulang konsumen atau repurchase intention. Konsumen yang memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap suatu merek akan cenderung melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh country of origin dan electronic word of mouth terhadap repurchase intention produk kosmetik brand Korea yang dimediasi oleh brand trust.
Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total responden 140 orang yang berdomisili di Indonesia serta pernah membeli dan menggunakan produk kosmetik brand Korea. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model persamaan structural atau structural equation modelling (SEM) dengan metode partial least squares (PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil analisis data mendapatkan kesimpulan: 1) country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust (H1 diterima). 2) electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust (H2 diterima). 3) brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention (H3 diterima). 4) country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention yang dimediasi parsial (partial mediation) oleh brand trust (H4 diterima). 5) electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention yang dimediasi parsial (partial mediation) oleh brand trust (H5 diterima).
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)