Anda belum login :: 19 Aug 2025 00:53 WIB
Detail
BukuPENGARUH GREENWASHING TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION MELALUI MEDIASI GREEN PERCEIVED RISK PADA PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN
Bibliografi
Author: Ang, Cecilia Thalia ; Efendi (Advisor)
Topik: Greenwashing; Green Purchase Intention; Green Perceived Risk; Air Minum Dalam Kemasan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Greenwashing merupakan praktik pemasaran yang menyesatkan konsumen dengan mengklaim secara keliru bahwa suatu produk atau perusahaan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh greenwashing terhadap green purchase intention melalui mediasi dari green perceived risk untuk produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), dengan menggunakan kerangka teori kontrak psikologis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner. Sebanyak 210 responden Generasi Z yang pernah mengalami fenomena greenwashing berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan menggunakan IBM SPSS 25 dan SmartPLS 4 dengan menggunakan metode Partial Le ast Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa greenwashing tidak memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention. Namun, greenwashing berpengaruh signifikan terhadap green perceived risk. Selain itu, green perceived risk berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention dan memediasi secara penuh pengaruh greenwashing terhadap green purchase intention. Temuan ini menyoroti pentingnya green perceived risk dalam menjembatani dampak greenwashing terhadap niat membeli produk ramah lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)