Anda belum login :: 14 Aug 2025 05:24 WIB
Detail
BukuPERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN TANAH SEREAL 03 PAGI
Bibliografi
Author: Tessalonika, Jennycha Maurient ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Peran guru; pembelajaran IPAS; siswa kelas IV
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Peran guru sangat penting dalam proses pendidikan karena guru bukan hanya sekadar pengajar, tetapi juga pendidik profesional yang memiliki tugas mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 dan berbagai pendapat ahli, guru juga berperan sebagai teladan, fasilitator, dan motivator yang mampu membentuk karakter serta mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang interaktif, bermakna, dan kontekstual, khususnya dalam mata pelajaran IPAS yang mengintegrasikan aspek ilmu alam dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah satu orang guru wali kelas dan 30 orang siswa kelas IV di SDN Tanah Sereal 03 Pagi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menjalankan perannya sebagai demonstrator (menjelaskan materi dengan jelas dan menarik), pengelola kelas (menciptakan suasana belajar yang kondusif dan tertib), mediator dan fasilitator (menghadirkan media dan metode pembelajaran yang relevan dan menyenangkan), serta evaluator (menilai hasil belajar siswa secara objektif dan memberikan umpan balik yang membangun). Guru mengaitkan materi IPAS dengan kehidupan sehari- hari siswa, menggunakan media pembelajaran menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta melibatkan siswa secara aktif melalui pertanyaan, diskusi, dan tugas kelompok. Strategi-strategi tersebut terbukti mampu menumbuhkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS. Diharapkan guru terus mengembangkan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan serta memberikan ruang bagi siswa untuk aktif, agar minat belajar siswa dapat terus ditingkatkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)