Anda belum login :: 24 Aug 2025 06:53 WIB
Detail
BukuPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPAS Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: YUNIARTA, TESSALONIKA ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Pengembangan; LKPD; Inkuiri; Kemampuan Berpikir Kritis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Dalam perkembangan dunia pendidikan, upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar lebih bermakna dan relevan semakin gencar dilakukan. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan kebebasan kepada peserra didik untuk mengakses serta mengeksplorasi pengetahuan dari berbagai sumber yang ada, sekaligus mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah melalui pendekatan berpikir kritis terhadap topik yang sedang dipelajari, melalui berbagai kegiatan pembelajaran. Akan tetapi, kurangnya keterlibatan aktif dari peserta didik dan terbatasnya sumber dan bahan ajar yang tersedia bagi guru dan sekolah menjadi kendala yang signifikan dalam proses eksplorasi dan pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kondisi ini menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, terutama ketika tidak didukung oleh sumber bacaan yang memadai dan kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan proses belajar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPAS berbasis inkuiri, dengan materi sistem pernapasan manusia yang ditujukan untuk kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yaitu Pada tahap analyze, peneliti mengidentifikasi dan melakukan analisis kebutuhan dan instruksional. Selanjutnya, pada tahap design, peneliti mulai merancang desain LKPD serta menyusun draf materi pembelajaran. Pada tahap development, LKPD dikembangkan berdasarkan storyboard yang telah dibuat dan aktivitas pembelajaran dirancang menggunakan aplikasi Canva. Kemudian, pada tahap implementation, peneliti melaksanakan validasi ahli materi dan media, dilanjutkan dengan uji coba dalam kelompok dan lapangan. Hasilnya, peserta didik memberikan tanggapan yang positif terhadap LKPD wawancara sebagai teknik pengumpulan data yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKPD IPAS berbasis inkuiri mampu mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka. Temuan ini merekomendasikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri sebagai acuan dalam pengembangan perangkat ajar oleh guru.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)