Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam perusahaan terus meningkat pesat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. Terkadang penerapan AI tersebut bertentangan dengan etika seperti terdapatnya bias algoritma dan privasi data. Responsible AI (RAI) merupakan pendekatan yang digunakan untuk memastikan bahwa AI yang digunakan tidak bertentangan dengan etika penggunaan AI. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh dari RAI terhadap kinerja perusahaan pada sektor Online Travel Agency (OTA), khususnya pada divisi Data Science & Machine Learning Engineer (DS & MLE) yang terdapat di tiket.com. Prinsip RAI yang digunakan dalam penelitian ini merupakan fairness, transparency, accountability, robustness & safety, data governance, human oversight, dan societal well-being. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang kemudian dioleh menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara RAI dengan kinerja perusahaan, namun arah pengaruh dari RAI terhadap kinerja perusahaan menunjukkan pengaruh yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RAI yang diterapkan pada tiket.com belum dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan sehingga dapat dilakukan peningkatan pada perusahaan dalam penerapan prinsip RAI dalam operasional AI. |