Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Unika Atma Jaya menjadi komitmen keberlanjutan sekaligus strategi institusi dalam membangun citra sebagai kampus hijau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi keberlanjutan Unika Atma Jaya yang dilakukan dengan membangun serta melibatkan hubungan dengan stakeholder dan membentuk citra institusi. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Keberlanjutan, teori Hubungan Stakeholder, serta teori Tahapan dan Elemen Citra. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi keberlanjutan dijalankan melalui media sosial, media massa, kampanye visual, dan kegiatan partisipatif seperti pelibatan mahasiswa dalam acara peresmian RTH maupun kegiatan nonformal lainnya. Dalam teori stakeholder relations, institusi telah mengidentifikasi serta menjawab kebutuhan mahasiswa dan publik, namun dialog dan respons terhadap stakeholder masih perlu ditingkatkan agar lebih partisipatif. Sementara itu, pembentukan citra institusi telah mencapai tahap positif melalui persepsi sebagai kampus hijau, didukung oleh nilai keberlanjutan dan visualisasi RTH. Elemen citra institusi seperti kepribadian institusi yang modern, reputasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, nilai-nilai KUPP, ‘Laudato Si’, dan tagline kampus “Leading for Green Campus & Sustainability” telah berhasil dibentuk, meskipun perlu penyempurnaan dalam komunikasi dua arah yang berkesinambungan dan strategi jangka panjang. |