Penelitian ini didasari oleh tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi peserta didik kelas II SD Tarakanita Citra Raya melalui penggunaan media gambar seri sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif, kreatif, dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari empat peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi setelah penerapan media gambar seri. Pada siklus I, hanya satu peserta didik yang memperoleh nilai 75 dengan persentase sebesar 25%, sedangkan tiga peserta didik lainnya memperoleh nilai masing-masing 45, 40, dan 60 dengan presentase 75%. Nilai-nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 70. Setelah perbaikan pada siklus II, jumlah peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi tiga orang 2 siswa mencapai nilai 85, satu siswa mencapai nilai 75 dengan total presentase (75%), dan hanya satu peserta didik yang memiliki nilai 55 dengan presentase (25%) yang belum tuntas. Peningkatan ini terlihat pada aspek penentuan judul, alur cerita, penggunaan diksi, kelengkapan isi, dan kerapihan tulisan. Media gambar seri terbukti efektif membantu peserta didik mengembangkan ide, menyusun cerita secara runtut, dan menulis narasi dengan lebih kreatif serta terstruktur. Penelitian ini memperkuat teori bahwa media visual konkret seperti gambar seri dapat meningkatkan motivasi, minat belajar, dan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, penggunaan media gambar seri direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran menulis narasi di sekolah dasar. |