Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat adopsi kendaraan mobil listrik berbasis baterai di wilayah Jabodetabek dengan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Variabel eksogen yang diuji meliputi Perceived Risk, Effort Expectancy, Performance Expectancy, Social Influence, dan Price Value, serta variabel moderasi Facilitating Conditions dan Policy Incentives. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 216 responden pengguna kendaraan pribadi di Jabodetabek. Analisis data dilakukan melalui metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence dan Price Value berpengaruh signifikan terhadap Adoption Intention. Sementara itu, Perceived Risk, Effort Expectancy, dan Performance Expectancy tidak berpengaruh signifikan. Facilitating Conditions tidak memoderasi pengaruh Perceived Risk dan tidak berpengaruh langsung terhadap Adoption Intention. Sebaliknya, Policy Incentives tidak memoderasi pengaruh Price Value, tetapi memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap Adoption Intention. |