Permasalahan waktu tunggu pasien yang tinggi pada layanan poli umum menjadi keluhan utama di Klinik Amira BSD. Antrian panjang, khususnya pada proses screening dan konsultasi dokter, terjadi terutama pada jam sibuk dan berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab waktu tunggu yang lama, memberikan usulan perbaikan, dan menyimulasikan alternatif solusi untuk meningkatkan efisiensi layanan. Melalui perangkat lunak ProModel, pemodelan simulasi yang merepresentasikan kondisi nyata dan menguji beberapa scenario perbaikan dapat dilakukan. Hasil simulasi terhadap sistem nyata menunjukkan bahwa hampir 50% waktu pasien di dalam sistem merupakan waktu menunggu. Terdapat lima usulan perbaikan yang diajukan, yaitu penambahan dokter, pembagian tugas perawat, penambahan perawat dan kapasitas screening, perubahan sistem antrian menjadi single queue, serta penggabungan dua usulan terbaik. Usulan terbaik yang diajukan adalah kombinasi solusi berbeda untuk pagi dan sore hari. Kombinasi penambahan dokter dan perawat untuk pagi hari mampu mengurangi total waktu tunggu sebanyak 43%, serta penambahan dokter dan penerapan single queue untuk sore hari mampu mengurangi total waktu tunggu sebanyak 79,9%. |