Anda belum login :: 17 Aug 2025 14:02 WIB
Detail
BukuLiterasi Digital Peserta Didik Kelas 4 & 5 SD Negeri Perumnas 05 Kota Tangerang
Bibliografi
Author: Ramandha, Aulia ; Samino, M. Francine Avanti (Advisor)
Topik: Literasi Digital; Sekolah Dasar; Kompetensi; Peserta Didik; Abad 21
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong pentingnya penguasaan literasi digital sejak jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi literasi digital peserta didik kelas 4 dan 5 di SD Negeri Perumnas 05 Kota Tangerang berdasarkan delapan aspek utama literasi digital, yaitu: keterampilan fungsional, kreativitas digital, kolaborasi digital, komunikasi digital, pencarian dan pemilihan informasi, berpikir kritis dan evaluasi informasi, pemahaman sosial-budaya, serta keamanan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik telah memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikan perangkat digital, berkolaborasi dalam media digital, dan memahami etika penggunaan media digital. Namun, masih ditemukan keterbatasan dalam aspek berpikir kritis, evaluasi informasi, dan penciptaan karya digital yang kompleks. Oleh karena itu, diperlukan intervensi berkelanjutan dalam bentuk pembelajaran literasi digital eksplisit, pelatihan guru, serta penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi tantangan abad ke-21.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)