Perkembangan teknologi digital mendorong pentingnya penguasaan literasi digital sejak jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi literasi digital peserta didik kelas 4 dan 5 di SD Negeri Perumnas 05 Kota Tangerang berdasarkan delapan aspek utama literasi digital, yaitu: keterampilan fungsional, kreativitas digital, kolaborasi digital, komunikasi digital, pencarian dan pemilihan informasi, berpikir kritis dan evaluasi informasi, pemahaman sosial-budaya, serta keamanan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik telah memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikan perangkat digital, berkolaborasi dalam media digital, dan memahami etika penggunaan media digital. Namun, masih ditemukan keterbatasan dalam aspek berpikir kritis, evaluasi informasi, dan penciptaan karya digital yang kompleks. Oleh karena itu, diperlukan intervensi berkelanjutan dalam bentuk pembelajaran literasi digital eksplisit, pelatihan guru, serta penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi tantangan abad ke-21. |