Penanaman nilai toleransi sejak dini sangat penting untuk membentuk karakter peserta didik yang mampu menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memaparkan hasil pengembangan dari buku cerita tentang menghargai perbedaan bagi peserta didik kelas II SD Katolik Bhakti Prima dan (2) Memaparkan kelayakan buku cerita tentang menghargai perbedaan berdasarkan aspek isi, bahasa, penyajian dan ilustrasi dengan tahapan perkembangan kognitif dan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian peserta didik kelas II-A dan II-B SD Katolik Bhakti Prima yang terdiri 25 peserta didik, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2025/2026. Data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Buku cerita tentang menghargai perbedaan bagi peserta didik kelas II Sekolah Dasar. (2) Hasil validasi yang diperoleh dari validasi oleh ahli materi dan media melalui perbaikan produk berdasarkan masukan dan saran, dan penilaian ahli bahasa yang memperoleh persentase skor sebanyak 78,18% dengan kategori “layak”. (3) Hasil uji coba kelompok kecil mendapat skor 90% yang termasuk ke dalam kategori “sangat layak”, sedangkan hasil uji coba kelompok besar mendapat 93,60% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku cerita tentang menghargai perbedaan bagi peserta didik kelas II Sekolah Dasar yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. |