Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab lamban belajar pada siswa kelas II C SD Tarakanita Citra Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari dua peserta didik yang diidentifikasi lamban belajar oleh guru kelas, serta data diperoleh melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi lambannya proses belajar meliputi rendahnya motivasi, kesulitan konsentrasi, keterbatasan daya ingat, serta kurangnya rasa percaya diri. Sementara itu, faktor eksternal meliputi kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, metode pembelajaran yang kurang variatif, dan minimnya bimbingan individual di kelas. Kedua faktor tersebut saling berkaitan dan berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Saran bagi guru adalah menciptakan lingkungan kelas yang mendukung dan tidak menghakimi, sehingga siswa yang lambat dalam belajar merasa terlindungi dan berani untuk bertanya atau mencoba. Terapkan penguatan positif secara teratur untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa. |