Salah satu fokus pendidikan di tingkat sekolah dasar adalah bagaimana mengajarkan peserta didik untuk dapat berliterasi dengan baik. Berbagai upaya dapat dilakukan oleh sekolah, salah satunya dengan melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi membaca peserta didik dengan kurikulum Merdeka di SD Vianney. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan peserta didik di kelas 1-6. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa literasi membaca di SD Vianney masih berada pada tahap tahap pengembangan berdasarkan Gerakan literasi Sekolah dan jika dikaitkan dengan tahap perkembangan membaca menurut Jeanne Chall maka peserta didik di SD Vianney berada pada tingkat 3, yaitu membaca untuk belajar. Literasi membaca masih perlu ditingkatkan peserta didik SD Vianney. Saran untuk guru yaitu dapat mengembangkan cara berliterasi yang menarik dan interaktif agar peserta didik dapat lebih termotivasi untuk berliterasi. |