Keputusan untuk menutup suatu store adalah bagian dari suatu strategi bisnis yang perlu dilakukan secara objektif dan terukur. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor apa saja yang memengaruhi keputusan penutupan store pada PT Inspirasi Bisnis Nusantara. Variabel yang diteliti meliputi lokasi, kompetitor, biaya operasional, dan kinerja keuangan. Metode analisis faktor digunakan untuk menyederhanakan sejumlah indikator menjadi faktor utama, serta regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel terhadap keputusan penutupan store. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 50 responden yang terdiri dari karyawan divisi Business Development, Operasional, dan Finance yang terlibat dalam proses evaluasi toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penutupan store . Namun, hanya tiga variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial, yaitu kompetitor, biaya operasional, dan kinerja keuangan, sedangkan variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan secara individu. Hasil penelitian ini berbentuk model yaitu y = 7.853 + 0.002x1 + 0,097x2+ 0,046x3+ 0,087x4 yang memiliki arti bahwa nilai y memiliki koefisien sebesar 7.853 sebelum dipengaruhi oleh variabel apapun. Selanjutnya, setiap perubahan positif satu satuan faktor lokasi akan berdampak sebesar 0.002 terhadap variabel y, setiap perubahan positif satu satuan faktor kompetitor akan berdampak sebesar 0.097 terhadap variabel y, setiap perubahan positif satu satuan faktor biaya operasional akan berdampak sebesar 0.046 terhadap variabel y, setiap perubahan positif satu satuan faktor kinerja keuangan akan berdampak sebesar 0.087 terhadap variabel y. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu memfokuskan evaluasi pada aspek persaingan pasar, efisiensi biaya, dan kinerja finansial toko dalam menentukan kebijakan penutupan store. Penelitian ini dapat menjadi suatu acuan dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan agar terstruktur dan berbasis data. |