Penelitian ini sedianya dilaksanakan dengan tujuan menentukan serta memformulasikan strategi pengembangan pada Joglo Carwash. Penentuan strategi manajemen yang diterapkan pada penelitian ini, penulis mereferensikan dari teori Fred R. David dalam hal menciptakan bisnis pencucian kendaraan yang berkelanjutan di Jakarta Barat untuk hal memperluas jangkauan pasar. Penelitian yang dilakukan untuk menggunakan metode kualitatif lebih tepatnya penyebutanya adalah Accidental sampling atau biasa disebut Convinience Sampling yakni menentukan responden ataupun narasumber secara kebetulan ataupun siapa saja yang lewat dan bertemu dan dirasa responden tersebut. Hasil penelitian yang ada kemudian dianalisis menggunakan metode Matriks IFE, EFE, SWOT, QSPM yang dihubungkan dengan strategi yang ditampilkan menunjukkan beberapa keunggulan yaitu: variasi layanan, lokasi strategis, dan standar operasional prosedur yang baik, tetapi masih ada beberapa kekurangan yang dihadapi yakni pengelolaan keuangan, kebersihan, pelatihan karyawan, dan pemanfaatan teknologi digital. Kurangnya Penerapan standar manajemen yang kurang baik menjadi salah satu tantangan yang menghambat. |