Anda belum login :: 01 Aug 2025 21:41 WIB
Detail
BukuANALISIS PENGARUH ONLINE BRAND COMMUNITY, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN MEDIASI BRAND TRUST PADA SMARTPHONE SAMSUNG
Bibliografi
Author: Sastroharjono, Christoper Marioprimus ; Soelasih, Yasintha (Advisor)
Topik: online brand community; electronic word-of-mouth; brand experience; brand trust; brand loyalty; smartphone Samsung
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pada pengaruh Online Brand Community (OBC), Electronic Word-of-Mouth (eWOM), dan Brand Experience terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai mediasi pada pengguna smartphone Samsung. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode pengumpulan data melalui purposive sampling. Kriteria responden dari penelitian ini meliputi individu yang berusia 18 tahun keatas dan merupakan pengguna smartphone Samsung. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang diisi oleh 310 responden. Hasil data kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Brand Community (OBC), Electronic Word-of-Mouth (eWOM), dan Brand Experience memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand trust. OBC sendiri menyediakan dan mendorong interaksi yang positif antar sesama konsumen, eWOM menjadi media informasi yang terpercya dari dan untuk sesama konsumen, serta brand experience membangun ikatan emosional yang semuanya berkontribusi membentuk brand trust. Brand trust sendiri secara signifikan memengaruhi brand loyalty dan menjadi mediator yang baik dalam mengubungkan pengaruh OBC, eWOM, dan brand experience kepada brand loyalty. Hasil penelitian menujukkan, bahwa ketika konsumen memiliki kepercayaan terhadap merek Samsung yang tinggi maka mereka akan menujukkan sikap-sikap loyalitas seperti melakukan pembelian ulang dan merekomedasikannya. Hasil uji mediasi menunjukkan, bahwa pada OBC dan eWOM mediasi brand trust menjadi mediasi penuh. Sedangkan pada brand experience menjadi mediasi sebagian atau parsial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)