Sopan Santun sangat penting untuk di tanamkan sejak dini karena apabila tidak sejak dini siswa tidak akan menerapkan sopan santun selama hidup nya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun kepada siswa kelas III di SD Strada Bhakti Wiyata. Dalam penelitian ini, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar materi pelajaran, tetapi juga sebagai teladan dan pembimbing yang menanamkan nilai-nilai moral, terutama kesopanan, kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data mengenai bagaimana guru menerapkan nilai-nilai sopan santun dalam interaksi sehari-hari di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru secara aktif membiasakan siswa untuk menggunakan kata sapaan yang sopan, mengucapkan salam, meminta maaf, serta menghargai teman dan guru. Pembiasaan ini dilakukan tidak hanya melalui instruksi verbal, tetapi juga melalui keteladanan yang ditunjukkan oleh guru dalam sikap dan tutur kata mereka. Selain itu, guru juga mengintegrasikan pembelajaran sopan santun melalui aktivitas pembelajaran yang melibatkan interaksi sosial antar siswa, seperti diskusi kelompok dan simulasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran aktif guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang penuh penghargaan dan disiplin sangat penting dalam membentuk kebiasaan sopan santun pada siswa. Kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua juga menjadi faktor pendukung yang signifikan dalam keberhasilan pembentukan karakter siswa. |