Anda belum login :: 31 Jul 2025 07:19 WIB
Detail
BukuGAMBARAN STRES, COPING STRESS, DAN PERCEIVED SOCIAL SUPPORT PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI DALAM MENJALANI PERKULIAHAN TAHUN KETIGA DAN KEEMPAT
Bibliografi
Author: PRABASIWI, ELLEONORA HYASINTA ; Lentari, Fransisca Rosa Mira (Advisor)
Topik: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi; Stres; Coping Stress; Perceived Social Support
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menghadapi tekanan akademik dan klinis yang tinggi, terutama pada tahun ketiga dan keempat. Fase ini ditandai oleh sistem blok yang intens, tuntutan keterampilan klinis, dan beban kuota pasien yang masif, yang secara kolektif memicu stres. Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman mendalam mengenai pengalaman stres, strategi coping stress, dan peran perceived social support yang dialami mahasiswa FKG pada periode transisi akademik krusial ini. Fokus diberikan pada bagaimana mereka memaknai stres, strategi adaptif yang digunakan, serta bagaimana dukungan sosial memengaruhi kemampuan mereka bertahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan pendekatan criterion-based, melibatkan lima partisipan aktif FKG tahun ketiga atau keempat dari berbagai universitas di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan teknik thematic analysis, baik secara individual maupun gabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan mengalami stres dengan karakteristik feeling of unpredictability, uncontrollability, dan overloaded, yang diperburuk oleh implementasi teknis dan kultur akademik FKG. Strategi coping bervariasi antara problem-focused dan emotion-focused coping, termasuk turning to religion yang menjadi sumber ketenangan bagi beberapa partisipan. Perceived social support berperan signifikan sebagai buffer stres dan memengaruhi efektivitas coping, dengan emotional support menjadi yang paling dibutuhkan. Ditemukan pula nuansa perbedaan pengalaman stres dan pencarian dukungan berdasarkan gender, di mana partisipan laki-laki cenderung menghadapi stigma dalam mencari dukungan. Perkuliahan tahun ketiga dimaknai sebagai fondasi klinis, sementara tahun keempat sebagai puncak perjuangan dan penentuan kelulusan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya dukungan psikososial yang kontekstual bagi mahasiswa FKG pada fase pendidikan klinis yang menekan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)