Anda belum login :: 21 Aug 2025 23:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Sarana Coping Stress pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Bibliografi
Author:
Djari, Constantyn Jolanda Maylen
;
Setiadi, Bernadette N.
(Advisor)
Topik:
penggunaan media sosial
;
coping stress
;
mahasiswa tingkat akhir
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107000140, Constantyn Jolanda Maylen Djari, Prof. Dr. Bernadette Narulina Setiadi, Ph. D., Psikolog, Penggunaan Media Sosial TikTok_4 Agustus.pdf
(419.88KB;
1 download
)
202107000140_Constantyn Jolanda Maylen Djari_Lembar Administrasi.pdf
(1.49MB;
0 download
)
Abstract
Stres adalah masalah yang umum dialami oleh mahasiswa tingkat akhir akibat berbagai tekanan baik akademik maupun non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana media sosial, khususnya TikTok, dapat berfungsi sebagai sarana coping yang efektif dalam mengatasi stres. Melalui TikTok, mahasiswa memiliki akses ke beragam konten yang relevan dan inspiratif, yang dapat membantu mereka mengelola stres dan mendukung kesehatan mental. Penelitian ini akan mengeksplorasi pengalaman subjektif mahasiswa dalam menggunakan TikTok sebagai sarana untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mereka.
Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk mengidentifikasi mahasiswa tingkat akhir yang mengalami stres dan memanfaatkan TikTok sebagai media coping. Melalui pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam (in-depth interview) tentang pengalaman subjektif peserta dalam menghadapi stres akademik dan non-akademik. Thematic analysis mengungkapkan tema terkait motivasi penggunaan TikTok, strategi coping yang muncul, dan dampaknya terhadap kesehatan mental. Temuan menunjukkan bahwa TikTok tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai platform untuk berbagi pengalaman dan mendukung adaptasi psikologis mahasiswa dalam menghadapi tekanan akademis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok berfungsi sebagai sumber hiburan dan dukungan emosional bagi mahasiswa. Mahasiswa menyatakan bahwa keterlibatan di TikTok membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati, terutama terkait dengan stres akibat tuntutan akademis dan sosial. TikTok digunakan sebagai sarana coping, dimana mahasiswa berbagi pengalaman. Motivasi utama penggunaan adalah untuk menghindari tekanan dan mendapatkan dukungan emosional. Dampak positif dari penggunaan TikTok mencakup peningkatan kesejahteraan emosional dan pengurangan stres, dengan konten yang dianggap bermanfaat seperti video lucu dan inspiratif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)