Anda belum login :: 31 Jul 2025 10:06 WIB
Detail
BukuKontribusi Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control terhadap Intensi Masyarakat untuk Membeli Mobil Listrik
Bibliografi
Author: ELDI, MEIVANNIE AURIELLE ; Murniati, Juliana (Advisor)
Topik: Theory of Planned Behavior; Intensi Pembelian; Mobil Listrik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Saat ini, dampak gas emisi karbon dari transportasi telah menjadi salah satu isu global terbesar. Dalam mengatasi permasalahan tersebut muncullah dorongan untuk menggunakan kendaraan listrik. Menariknya, walaupun niat masyarakat menggunakan mobil listrik sudah tinggi tapi hal ini berbanding terbalik dengan tingkat pembelian mobil listrik yang masih jauh dari target pemerintah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memprediksi intensi masyarakat membeli mobil listrik. Peneliti menggunakan pendekatan theory of planned behavior (TPB) yang menjelaskan bahwa intensi seseorang dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control (PBC). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat ukur sikap, norma subjektif, PBC, dan intensi yang dikembangkan sendiri dari proses elisitasi. Teknik sampling yang dipakai dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Partisipan penelitian ini berjumlah 510 dengan kriteria berdomisili di Jabodetabek yang bisa menyetir dan belum mempunyai mobil listrik. Penelitian ini dianalisis menggunakan multiple regression dengan bantuan aplikasi statistik JASP. Hasil penelitian menunjukkan sikap, norma subjektif, dan PBC berkontribusi secara signifikan terhadap intensi masyarakat untuk membeli mobil listrik yang mampu menjelaskan 40.5% dari variabel intensi dengan norma subjektif sebagai kontribusi terbesar. Secara terpisah, hanya variabel sikap dan norma subjektif berkontribusi terhadap intensi membeli mobil listrik. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan intensi yang signifikan berdasarkan domisili dan pengeluaran setiap bulannya. Saran bagi penelitian selanjutnya, bisa mempertimbangkan menambah demografi terkait mobilitas dan memerhatikan proporsi demografi dalam meneliti intensi pembelian mobil listrik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)