Anda belum login :: 07 Oct 2025 01:00 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN FAKTOR PENDORONG PERILAKU TRASH TALK PADA SITUASI KOMPETITIF DALAM GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG
Bibliografi
Author:
BUDIMAN, JASON
;
Rocky
(Advisor)
Topik:
Trash Talk
;
Frustrasi
;
Humor
;
Strategi Permainan
;
Provokasi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107510010_JASON BUDIMAN_Lembar Administrasi.pdf
(878.19KB;
0 download
)
202107510010_Jason Budiman, Rocky. S.Psi., M.Psi., Psikolog., Gambaran Faktor Pendorong Perilaku Trash Talk Pada Situasi Kompetitif Dalam game Mobile Legends Bang Bang_4 Agustus 2025.pdf
(799.67KB;
2 download
)
Abstract
Perkembangan pesat teknologi digital telah mendorong popularitas game online sebagai bentuk hiburan utama, khususnya di kalangan emerging adulthood. Penelitian ini berfokus pada individu dalam fase emerging adulthood, karena periode ini merupakan masa transisi krusial yang ditandai oleh eksplorasi identitas, peningkatan interaksi sosial, dan keterlibatan yang tinggi dengan media digital, menjadikan mereka kelompok demografis utama dan relevan untuk memahami dinamika perilaku sosial dalam game online. Game kompetitif seperti Mobile Legends: Bang Bang menawarkan tantangan melalui sistem peringkat (ranked mode) serta interaksi sosial yang intens, namun juga memunculkan perilaku agresif seperti trash talk. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa elemen kompetisi yang tinggi dapat meningkatkan stres, frustrasi, dan agresivitas verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor pendorong seseorang berperilaku trash talk pada situasi kompetitif di game Mobile Legends: Bang Bang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian thematic analysis. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan wawancara semi-structured kepada enam orang berusia yang tergolong ke dalam Emerging Adulthood yang memiliki pengalaman dalam bermain Mobile Legend: Bang Bang. Partisipan dipilih dengan menggunakan metode homogenous purposive sampling. Metode validasi dilakukan dengan member checking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku trash talk dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang, khususnya pada mode kompetitif, didorong oleh empat faktor utama: frustrasi, provokasi, strategi permainan, dan humor. Frustrasi muncul sebagai respons emosional terhadap kekalahan atau performa tim yang buruk. Provokasi terjadi ketika pemain terpancing oleh komentar atau perilaku lawan. Strategi permainan merujuk pada penggunaan trash talk secara sadar untuk memengaruhi kondisi mental lawan. Sementara itu, humor menunjukkan bahwa trash talk juga digunakan dalam konteks bercanda dan dianggap sebagai bagian dari budaya bermain. Secara keseluruhan, perilaku trash talk merupakan respons kompleks yang melibatkan faktor emosional, sosial, dan strategi individu dalam lingkungan kompetitif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.0625 second(s)