Saat ini, globalisasi dapat memengaruhi budaya asing yang masuk ke dalam budaya lokal, salah satunya budaya Korea. Budaya korea berkembang pesar di berbagai negara, khususnya di Indonesia sehingga menciptakan fenomena Korean Wave atau Hallyu. Fenomena ini menciptakan budaya penggemar K-pop tidak hanya sebatas menikmati musik, tetapi juga melibatkan konsumsi berbagai produk, seperti photocard. Khususnya pada salah satu komunitas penggemar di Indonesia, yaitu penggemar NCT. Pada komunitas ini, pembelian photocard menjadi kegiatan yang umum, terutama ketika dipengaruhi oleh lingkungan sosial atau reference group. Penelitian ini berfokus pada hubungan antara kelompok referensi dan keputusan pembelian photocard pada penggemar NCT. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Partisipan dalam penelitian ini adalah penggemar NCT sebanyak 151 partisipan yang memenuhi kriteria tertentu, seperti pernah membeli photocard dan berada dalam rentang usia 14 sampai 26 tahun. Partisipan diminta untuk menjawab seluruh pernyataan dengan menggunakan skala Likert. Alat ukur yang digunakan adalah “Skala pengaruh kelompok referensi dan store atmospehere terhadap proses keputusan pembelian konsumen.” Dengan uji korelasi sebesar 0, 361, nilai reliabilitas reference group sebesar 0,864, dan keputusan pembelian menunjukkan nilai relibilitas 0,858. Kedua variabel tersebut dinyatakan reliabel dengan item-item yang valid. Dalam alat ukur ini berisikan lima indikator reference group, yaitu pengetahuan, kredibilitas, pengalaman, keaktifan, dan daya tarik, dan lima tahapan keputusan pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif berbagai merek, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Jawaban yang didapatkan dari partisipan kemudian diolah dengen menggunakan JASP, dengan menggunakan uji normalitas dan uji korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reference group dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang signifikan. Pada analisis data, didapatkan dua puluh lima hasil dengan mengkorelasikan kelima indikator reference group dan kelima tahapan keputusan pembelian. Adanya hubungan ini menunjukkan peran reference group yang penting dalam beberapa tahapan keputusan pembelian photocard di kalangan penggemar NCT. Peran reference group tersebut dapat dijadikan kesempatan untuk membantu individu membedakan pengaruh positif dan negatif dari hubungan reference group dan keputusan pembelian di kalangan penggemar NCT. |