Anda belum login :: 19 Aug 2025 00:53 WIB
Detail
BukuKORELASI ANTARA PERSONAL VALUES DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN
Bibliografi
Author: ALVIAN ; Rocky (Advisor)
Topik: Personal Values; Nilai Biosferik; Perilaku Ramah Lingkungan; Produk Ramah Lingkungan; Psikologi Lingkungan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji korelasi antara nilai personal (biosferik, altruistik, egoistik, dan hedonistik) dengan perilaku ramah lingkungan pada pengguna produk ramah lingkungan. Metode penelitian menggunakan desain korelasi eksploratori dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 119 partisipan yang merupakan pengguna produk ramah lingkungan, dikumpulkan melalui teknik convenience sampling. Instrumen penelitian menggunakan Skala Schwartz Personal Values versi Indonesia dan Skala Perilaku Ramah Lingkungan versi Indonesia yang telah tervalidasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman's rho karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara nilai biosferik dengan perilaku ramah lingkungan (rs=0.241, p=0.008). Sementara itu, nilai altruistik (rs=0.158, p=0.086), nilai egoistik (rs=0.157, p=0.089), dan nilai hedonistik (rs=0.101, p=0.276) menunjukkan korelasi positif namun tidak signifikan dengan perilaku ramah lingkungan. Analisis tambahan menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan pada semua variabel yang diukur. Namun, usia menunjukkan korelasi positif dengan perilaku ramah lingkungan (rs=0.233, p=0.011) dan korelasi negatif dengan nilai hedonistik (rs=-0.237, p=0.010).Temuan ini mengindikasikan bahwa nilai biosferik merupakan prediktor paling kuat untuk perilaku ramah lingkungan dibandingkan nilai personal lainnya. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan program edukasi lingkungan yang fokus pada penguatan nilai biosferik, serta merancang produk ramah lingkungan yang tidak hanya mempertimbangkan aspek lingkungan tetapi juga nilai personal konsumen untuk meningkatkan adopsi perilaku ramah lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)