Anda belum login :: 31 Jul 2025 12:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Berpikir Terbuka secara Aktif dengan Prestasi Akademik Mahasiswa
Bibliografi
Author:
NICOLAS, ALOYSIUS
;
Christianto, Laurentius Purbo
(Advisor)
Topik:
Berpikir Terbuka secara Aktif
;
Prestasi Akademik
;
Mahasiswa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107510140_Aloysius Nicolas_Laurentius Purbo Christianto, S.Psi., M.A._Hubungan antara Berpikir Terbuka secara Aktif dengan Prestasi Akademik Mahasiswa_4 Agustus 2025.pdf
(625.71KB;
0 download
)
202107510140_Aloysius Nicolas_LembarAdministrasi.pdf
(528.87KB;
0 download
)
Abstract
Prestasi akademik, merupakan hal dan aspek yang diutamakan dalam pendidikan terutama mahasiswa. Selain itu, prestasi akademik juga berguna untuk menguji kemampuan belajar mahasiswanya. Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. Berpikir kritis erat berhubungan dengan yang disebut berpikir terbuka secara aktif (BTA). BTA adalah kecenderungan individu untuk lebih aktif mengolah dan mencari informasi, mengubah keyakinannya dengan hati-hati, dan aktif merefleksikan pemikirannya. Belum ada penelitian sebelumnya yang meneliti lebih lanjut mengenai kecenderungan BTA dan hubungannya terhadap prestasi akademik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan yang terdapat antara berpikir terbuka secara aktif (BTA) dan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Karakteristik partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang berkuliah di pulau Jawa. Seluruh partisipan dalam penelitian ini mengisi kuesioner dengan Google Form yang berisi alat ukur BTA. Penelitian ini memperoleh total 457 partisipan. Sampel didapatkan dengan teknik convenience sampling, dengan membagikan kuesioner secara luring dan daring. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi spearman's rho antara nilai BTA dan prestasi akademik mahasiswa. Hasil yang diperoleh adalah tidak terdapat hubungan antara BTA dan prestasi akademik. Nilai BTA yang tinggi tidak mencerminkan prestasi akademik yang tinggi pada mahasiswa. Sebagian besar partisipan memiliki nilai BTA yang tinggi, namun tingkat prestasi yang diperoleh cenderung bervariasi. Variasi prestasi akademik mengindikasikan hubungan yang tidak konsisten antara kedua variabel sehingga hipotesis penelitian ini ditolak. Peneliti selanjutnya dapat mengaitkan BTA dengan variabel lain yang secara tidak langsung memiliki hubungan terhadap prestasi akademik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)