Anda belum login :: 04 Sep 2025 17:42 WIB
Detail
BukuPerbedaan Faktor-Faktor Pendukung Kepuasan Kerja Ditinjau dari Masa Kerja Karyawan PT "X"
Bibliografi
Author: Nugroho, Michelle Putri ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Topik: Karyawan; Kepuasan Kerja; Masa Kerja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kepuasan kerja merupakan isu yang berperan penting dalam berbagai organisasi. Kepuasan kerja mencerminkan kondisi emosional yang positif sebagai respons terhadap pekerjaan dan kondisi kerja. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung yang diklasifikasi dalam dua kategori, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor-faktor tersebut berdampak pada kepuasan kerja yang akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan karyawan dan kinerja organisasi. Masa kerja ditelusuri sebagai variabel penelitian ini karena diduga masa kerja mencerminkan salah satu indikator kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung kepuasan kerja karyawan berdasarkan masa kerja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain independent-measures research. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) oleh Weiss et al. (1967) yang telah dimodifikasi dan diuji secara psikometrik. Instrumen ini terdiri dari 20 item pernyataan yang mencerminkan dua faktor pendukung kepuasan kerja, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Sampel penelitian terdiri dari 97 karyawan PT ”X” yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara faktor pendukung kepuasan kerja karyawan dengan masa kerja baru maupun lama. Temuan ini mengindikasikan bahwa masa kerja bukanlah faktor yang secara signifikan membedakan faktor pendukung kepuasan kerja karyawan di PT ”X”. Hasil analisis tambahan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara faktor pendukung intrinsik dan ekstrinsik pada kepuasan kerja karyawan. Respon karyawan lebih tinggi pada faktor intrinsik daripada faktor ekstrinsik pendukung kepuasan kerja. Implikasi penelitian ini kepada Pimpinan organisasi untuk mempertimbangkan kebijakan yang mendukung kepuasan kerja karyawan, khususnya pada faktor intrinsik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)