Anda belum login :: 27 Jul 2025 05:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kontribusi Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Mengurangi Pembelian Pakaian Fast Fashion
Bibliografi
Author:
Suwita, Monica
;
Murniati, Juliana
(Advisor)
Topik:
theory of planned behavior
;
skripsi
;
generasi z
;
fast fashion
;
intensi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107510028_Monica Suwita_Lembar Administrasi.pdf
(837.64KB;
0 download
)
202107510028, Monica Suwita, Dr. phil. Juliana Murniati, M. Si., Kontribusi Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Generasi Z untuk, 4 Agustus 2025.pdf
(1.06MB;
1 download
)
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pembelian pakaian terus meningkat setiap tahunnya. Di saat yang sama, isu lingkungan dan sosial yang disebabkan oleh industri fast fashion tidak dapat diabaikan. Fast fashion merupakan jenis pakaian dengan model sesuai tren yang dijual dengan harga murah dan kualitas yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor manakah dari sikap, norma subjektif, dan PBC, yang memprediksi intensi generasi Z untuk mengurangi pembelian pakaian fast fashion.
Peneliti menggunakan metode kuantitatif, desain korelasional dengan sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control sebagai variabel prediktor dan intensi mengurangi pembelian pakaian fast fashion sebagai variabel kriteria. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan berdasarkan theory of planned behavior menggunakan metode elisitasi. Hasil penelitian diolah menggunakan analisis linear berganda dengan 465 subjek penelitian yang merupakan generasi Z yang telah membeli pakaian fast fashion dalam 3 bulan terakhir.
Penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, dan PBC dapat memprediksi intensi generasi Z untuk mengurangi pembelian pakaian fast fashion (F = 3, 426, p < .001). Secara terpisah, hanya sikap dan PBC yang memiliki kontribusi signifikan, dengan sikap sebagai kontributor terbesar. Hasil menunjukkan bahwa generasi Z memprioritaskan nilai pribadi dalam membentuk intensi mengurangi pembelian pakaian fast fashion. Hasil juga menunjukkan semakin bertambahnya usia, semakin tinggi intensi, PBC lebih tinggi di daerah urban, intensi lebih tinggi di kelompok pelajar/mahasiswa serta pendidikan terakhir SMA/SMK. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk menambahkan variabel lain. Saran bagi pemerintah serta aktivis adalah untuk melakukan edukasi mengenai industri fast fashion serta dampaknya terhadap lingkungan serta masyarakat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.359375 second(s)