Anda belum login :: 24 Aug 2025 03:32 WIB
Detail
BukuPENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR, BENTENG, BOY BOYAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA & KOMUNIKASI SISWA KELAS V SDN TANAH SEREAL 03
Bibliografi
Author: Juliyanti, Maria Ratu ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: permainan tradisional; gobak sodor; benteng &boy-boyan; keterampilan kerjasama; keterampilan komunikasi.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Keterampilan kerjasama dan komunikasi merupakan bagian penting dari peserta didik yang perlu dikembangkan sejak dini. Keterampilan kerjasama ditunjukkan melalui kemampuan bekerja dalam kelompok, memberikan dukungan, dan menyelesaikan tugas bersama, sedangkan keterampilan komunikasi mencakup kemampuan menyampaikan ide, mendengarkan, menghargai pendapat, dan membangun interaksi dua arah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dan komunikasi peserta didik kelas V-C SDN Tanah Sereal 03 melalui penerapan permainan tradisional Gobak Sodor, Benteng, dan Boy-boyan. Permainan ini dipilih karena mengandung nilai-nilai kolaborasi, empati, sportivitas, dan interaksi sosial yang kuat. Penelitian ini menggunakan action research dengan menggunakan model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah 23 peserta didik kelas V-C SDN Tanah Sereal 03. Setiap permainan diterapkan secara bertahap di setiap siklus: siklus pertama menerapkan permainan Gobak Sodor, siklus kedua permainan Boy-boyan, dan siklus ketiga permainan Benteng. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kerjasama dan komunikasi dari siklus ke siklus. Pada siklus awal masih banyak peserta didik yang pasif, sulit berkoordinasi, dan menggunakan bahasa yang tidak sopan. Namun, setelah diterapkannya permainan secara konsisten, peserta didik mulai menunjukkan peningkatan seperti mampu bekerja sama dalam kelompok, memberi instruksi dengan baik, mendengarkan pendapat, menunjukkan empati, serta lebih percaya diri dalam berkomunikasi. Beberapa peserta didik yang semula tertutup dan kurang aktif pun mulai menunjukkan perubahan positif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)