Anda belum login :: 27 Jul 2025 05:49 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Pengetahuan Guru Mengenai Edukasi Pendidikan Seksual Untuk Anak dan Remaja Disabilitas Intelektual
Bibliografi
Author:
Sierra, Kayla Danielle
;
Aryanto, Christ Billy
(Advisor);
Pandia, Weny Savitry S.
Topik:
Pengetahuan Guru
;
Pendidikan Seksual
;
Disabilitas Intelektual
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107510018, KAYLA DANIELLE SIERRA, Dr. WENY SAVITRY S. PANDIA, M.Si, Psikolog., CHRIST BILLY ARYANTO, M.A., M.Si., Ph.pdf
(353.17KB;
0 download
)
202107510018_Kayla Danielle Sierra_Lembar Administrasi.pdf
(925.76KB;
0 download
)
Abstract
Pendidikan seksual merupakan pengajaran yang bertujuan untuk mencakup berbagai macam pengetahuan mengenai biologis, kesetaraan gender, kesehatan reproduksi, hubungan personal dengan orang lain dan nilai-nilai moral. Pendidikan seksual menjadi penting untuk diberikan kepada semua orang sebagai pedoman untuk membantu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Salah satunya adalah anak dan remaja disabilitas intelektual yang memiliki hambatan baik secara kognitif dan adaptif yang mengakibatkan penurunan dalam segi kognitif sehingga rawan terhadap kejahatan seksual. Penting bagi mereka untuk mendapatkan edukasi yang baik sehingga dapat terhindar dari bahaya dan hal-hal yang tidak diinginkan. Edukasi pendidikan seksual dapat diberikan oleh guru sebagai salah satu garda terdepan bagi anak dan remaja disabilitas intelektual. Oleh sebab itu, penting untuk melihat pengetahuan yang dimiliki oleh guru yang memberikan edukasi pendidikan seksual kepada anak dan remaja disabilitas intelektual. Sehingga, melalui penelitian ini dapat tergambar seberapa jauh pengetahuan yang dimiliki oleh guru terkait pendidikan seksual untuk anak dan remaja disabilitas intelektual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan studi kasus pada sekolah X. Sekolah ini merupakan sebuah sekolah yang bukan hanya memfokuskan pada bidang akademik saja melainkan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan pada seluruh murid. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Partisipan meliputi 3 guru dan 1 co-founder yang mengajar anak dan remaja disabilitas intelektual di sekolah X. Pengambilan data dianalisis menggunakan teknik thematic analysis. Hasil penelitian berdasarkan taksonomi bloom yang digunakan untuk melihat tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing guru menunjukkan bahwa pengetahuan yang dimiliki memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya pengetahuan yang mendalam terhadap materi pendidikan seksual khususnya kepada anak dan remaja disabilitas intelektual.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)