Anda belum login :: 26 Jul 2025 23:28 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Verbal Fluency Anak Usia Dini
Bibliografi
Author:
Audrey, Kathleen Georgina
;
Aryanto, Christ Billy
(Advisor);
Pandia, Weny Savitry S.
(Advisor)
Topik:
Metode Bernyanyi
;
Verbal Fluency
;
Phonemic Fluency
;
Semantic Fluency
;
Anak Usia Dini
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107000080, KATHLEEN GEORGINA AUDREY, WENY SAVITRY SEMBIRING PANDIA, CHRIST BILLY ARYANTO, PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP VERBAL FLUENCY ANAK USIA DINI, 4 AGUSTUS 2025.pdf
(1.21MB;
0 download
)
202107000080_Kathleen Georgina Audrey_LembarAdministrasi.pdf
(630.62KB;
0 download
)
Abstract
Kemampuan verbal fluency merupakan aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini yang mencerminkan kapasitas kognitif, memori semantik, dan keterampilan fonologis. Penelitian ini perlu dilakukan karena verbal fluency berperan penting dalam mendukung proses belajar, komunikasi, dan perkembangan sosial-emosional anak. Keterbatasan dalam kemampuan ini juga dapat menjadi indikator awal gangguan bahasa. Memahami faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti metode pembelajaran, dapat membantu pendidik dan orang tua merancang stimulasi bahasa yang tepat untuk mengoptimalkan potensi anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan verbal fluency, yang mencakup phonemic fluency (huruf L, S, dan J) dan semantic fluency (kategori hewan) pada anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest pada 18 anak usia 4–6 tahun di TK Santo Fransiskus. Intervensi dilakukan selama dua minggu melalui aktivitas menyanyi lagu-lagu tematik. Instrumen yang digunakan adalah Verbal Fluency Test, dan data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan Paired Samples t-Test.
Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada semantic fluency kategori hewan. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga digunakan Paired Samples T-Test. Skor rata-rata meningkat dari 7,28 menjadi 12,89 dengan hasil uji t(17) = -9,10 dan p < 0,001. Efek ukuran yang diperoleh sebesar d = 2,15, yang mengindikasikan efek yang sangat besar dari intervensi metode bernyanyi. Selain itu, koefisien variasi menurun dari 0,42 menjadi 0,25, yang menunjukkan peningkatan homogenitas antar peserta. Hal ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi tidak hanya meningkatkan jumlah kosakata yang mampu disebutkan anak, tetapi juga menyamakan kemampuan antar individu.
Peningkatan ini juga didukung oleh hasil pada kategori phonemic fluency, yakni huruf L (p = 0,001; r = 1,00), huruf S (p = 0,001; r = 0,96), dan huruf J (p < 0,001; d = 1,35). Efek ukuran yang besar pada seluruh kategori menunjukkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan kelancaran verbal anak usia dini. Menurut teori neuropsikologi, aktivitas bernyanyi dapat mengaktifkan area otak yang berkaitan dengan bahasa dan memori, serta meningkatkan keterlibatan dan perhatian anak dalam pembelajaran. Khusus untuk kategori hewan, antusiasme anak meningkat karena hewan merupakan topik yang dekat dan menarik bagi mereka. Lagu-lagu bertema hewan yang digunakan selama intervensi mempermudah anak dalam mengingat, memahami, dan mengakses kosakata secara lebih kontekstual dan menyenangkan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)