Anda belum login :: 26 Jul 2025 22:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perilaku Agresi Verbal pada Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Swasta Pantara)
Bibliografi
Author:
Mu'min, Naila Tsabita
;
Handayani, Penny
(Advisor)
Topik:
agresi verbal
;
Attention Deficit Hyperactivity Disorder
;
ADHD
;
anak usia sekolah
;
disregulasi emosi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107000101, Naila Tsabita Mu'min, Penny Handayani, M.Psi. Psikolog., Perilaku Agresi Verbal pada Ana.pdf
(582.88KB;
0 download
)
20210000101_Naila Tsabita Mu'min_LembarAdministrasi.pdf
(1,005.69KB;
0 download
)
Abstract
Masa kanak-kanak merupakan masa emas bagi tahap perkembangan anak. Hal ini berlaku juga pada anak ADHD yang memerlukan pendidikan khusus agar dapat mengembangkan diri dengan maksimal. Namun, anak ADHD memiliki kesulitan regulasi emosi sehingga rentan memunculkan perilaku agresi verbal apabila terpapar lingkungan yang agresif pula. Pada saat ini, perilaku agresi verbal tidak umum dipahami oleh pendidik. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran keseluruhan mengenai perilaku agresi verbal beserta faktor yang berkontribusi pada kemunculan perilaku tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi kasus. Partisipan terdiri atas 3 orang guru dan 5 siswa ADHD berusia sekolah yang dipilih dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara yang disusun berdasarkan 5 aspek: agresi verbal aktif langsung, agresi verbal aktif tidak langsung, agresi verbal pasif langsung, agresi verbal pasif tidak langsung, dan disregulasi emosi. Analisa data dilakukan secara tematik.
Hasil gambaran agresi verbal yang ditemukan adalah perilaku berteriak, membentak, mengancam, mengejek, berkata kasar pada orang lain, serta menghindari lawan bicara. Perilaku tersebut muncul sebagai respon reaktif partisipan terhadap emosi yang dirasakan, baik secara positif maupun negatif. Faktor-faktor pendukung munculnya perilaku agresi verbal yang ditemukan adalah frekuensi interaksi sehari-hari anak dengan anggota keluarga, jenis media internet yang diakses oleh anak, serta suasana antar siswa yang dimiliki di kelas. Adapun saran yang diberikan oleh penelitian adalah apabila dilakukannya pengumpulan data melalui metode observasi pada penelitian selanjutnya, sebaiknya dilaksanakan selama minimal tiga minggu demi mendapatkan kelengkapan data pola perilaku agresi verbal siswa secara mendetail.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)