Anda belum login :: 27 Jul 2025 05:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENGARUH PENGGUNAAN GAME-BASED LEARNING ROBLOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII
Bibliografi
Author:
Salim, Amelia Metta
;
Rocky
(Advisor)
Topik:
game-based learning
;
roblox
;
motivasi belajar
;
matematika
;
pendidikan
;
siswa kelas 7
;
eksperimen.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107510009_Amelia Metta Salim_Lembar Administrasi.pdf
(967.13KB;
0 download
)
202107510009, Amelia Metta Salim, Rocky, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Pengaruh Penggunaan GBL Roblox terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII.docx.pdf
(520.07KB;
0 download
)
Abstract
Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan akademik siswa, terutama mata pelajaran matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang digunakan dalam pengukuran intelegensi. Di luar pentingnya matematika, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi rendahnya minat belajar matematika. Rendahnya minat disebabkan karena kesulitan memahami materi, strategi belajar yang kurang efektif, serta persepsi negatif. Seiring dengan perkembangan teknologi, pembelajaran berbasis gim memiliki potensi dalam mengembangkan minat belajar siswa. Kebanyakan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama memainkan gim Roblox, sehingga gim tersebut dapat diberdayakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh pembelajaran berbasis gim Roblox terhadap motivasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental dengan teknik convenience sampling, melibatkan 76 siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang tengah mempelajari materi garis dan sudut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Student’s Motivation Mathematics Scale (Nurkarim et al., 2023) dan dilakukan terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, baik sebelum dan sesudah aktivitas perlakuan diberikan. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U karena tidak semua kelompok data berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan game-based learning Roblox terhadap variabel motivasi belajar matematika siswa kelas VII tingkat Sekolah Menengah Pertama, dengan nilai W = 1007,500; p = 0,003; p < 0,05; rbis = 0,395; CI 95% = 0,156 – 0,591). Temuan ini menemukan bahwa gim Roblox memiliki peran dalam memengaruhi motivasi belajar, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Maka dari itu, metode pembelajaran berbasis gim Roblox dapat dipertimbangkan sebagai alternatif pembelajaran ketika siswa merasa jenuh dengan pelajaran matematika.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)