Anda belum login :: 26 Jul 2025 12:20 WIB
Detail
BukuHubungan Job Satisfaction dan Self-Compassion pada Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di DKI Jakarta
Bibliografi
Author: Darmadi, Natasha Angeline ; Handayani, Penny (Advisor)
Topik: Guru Bimbingan dan Konseling; Job Satisfaction; Korelasi; Self-Compassion
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Beban kerja yang tinggi pada guru Bimbingan dan Konseling (BK) dapat memengaruhi kondisi psikologis, fisiologis, dan perilaku mereka, sehingga meningkatkan risiko stres kerja. Stres ini berdampak pada kesehatan, kesejahteraan, kehidupan sosial, serta kinerja guru. Mengingat bahwa stres kerja merupakan bagian dari stres kehidupan dan kepuasan kerja terkait erat dengan kepuasan hidup, maka kemampuan self-compassion menjadi penting dimiliki oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara job satisfaction dan self-compassion pada guru BK di DKI Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode purposive sampling dan convenience sampling, melibatkan 132 guru BK yang saat ini aktif mengajar di DKI Jakarta. Instrumen berupa kuesioner daring berbasis Likert yang disusun berdasarkan teori Spector (1994) dan Neff (2003). Analisis data utama menggunakan korelasi Pearson. Selain itu, dilakukan pula analisis tambahan uji one-way ANOVA berdasarkan lama bekerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak, yang berarti terdapat hubungan positif signifikan antara self-compassion dan job satisfaction (r = 0,557, p <0,001), dengan kontribusi sebesar 31,0% (R² = 0,310). Analisis tambahan menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dalam job satisfaction dan self-compassion berdasarkan lamanya guru BK bekerja. Hasil dari penelitian ini mendukung literatur yang menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara job satisafaction dan self-compassion dan guru dengan masa kerja lebih panjang cenderung menunjukkan tingkat self-compassion dan kepuasan kerja yang lebih tinggi sehingga dapat berimplikasi positif terhadap kualitas pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)