Anda belum login :: 26 Jul 2025 07:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Persepsi Kualitas Pembelajaran dan Kualitas Pengalaman Magang terhadap Self-Perceived Employability Mahasiswa Tingkat Akhir di Indonesia
Bibliografi
Author:
SETIAWAN, MARSYA AGATHA
;
Yosua, Immanuel
(Advisor)
Topik:
Persepsi Kualitas Pembelajaran
;
Kualitas Pengalaman Magang
;
Self-Perceived Employability
;
Mahasiswa Tingkat Akhir
;
Indonesia
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107510063_Marsya Agatha Setiawan_Lembar Administrasi.pdf
(845.73KB;
1 download
)
202107510063, MARSYA AGATHA SETIAWAN, IMMANUEL YOSUA, M.Sc., M.Psi., Psikolog., HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PENGALAMAN MAGANG TERHADAP SELF-PERCEIVED_4 Agustus...pdf
(1.0MB;
6 download
)
Abstract
Fenomena ketidaksesuaian antara kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan formal dengan kebutuhan dunia kerja menyebabkan kecemasan dan ketidakpastian karir di kalangan lulusan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi kualitas pembelajaran dan kualitas pengalaman magang terhadap self-perceived employability mahasiswa tingkat akhir di Indonesia. Penelitian ini mengintegrasikan persepsi kualitas pembelajaran dan kualitas pengalaman magang sebagai upaya meningkatkan keyakinan mahasiswa terhadap kemampuan mereka dalam memperoleh dan mempertahankan pekerjaan. Melalui pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan desain korelasi berganda, penelitian ini melibatkan 173 mahasiswa aktif S1 yang telah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan mengikuti program magang. Pengumpulan data dilakukan secara daring dan mencakup instrumen pengukuran The Student’s Evaluations of Educational Quality Questionnaire, Internship Quality Inventory, dan Self-Perceived Employability Scale. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi berganda nonparametrik Spearman. Hasil menunjukkan adanya hubungan signifikan dan positif antara persepsi kualitas pembelajaran dan kualitas pengalaman magang dengan self-perceived employability (r = 0,467 dengan p-value < 0,001). Secara spesifik, persepsi kualitas pembelajaran memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan kualitas pengalaman magang dalam meningkatkan keyakinan mahasiswa terhadap kemampuan mereka di pasar kerja. Penelitian ini menyoroti pentingnya peningkatan mutu pembelajaran yang terstruktur untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dinamika dunia kerja, dengan turut mempertimbangkan inovasi dalam desain kurikulum dan integrasi dengan kegiatan yang mendukung perkembangan diri mahasiswa tingkat akhir guna meningkatkan kesiapan kerja.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)