Anda belum login :: 25 Jul 2025 21:34 WIB
Detail
BukuGAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ATMA JAYA TAHUN 2025
Bibliografi
Author: Octaviani, Michelle ; Arrang, Sherly Tandi (Advisor); Hadiyanto (Advisor)
Topik: Kepuasan pasien; pelayanan kefarmasian; Rumah Sakit Atma Jaya; SERVQUAL; wawancara mendalam.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Farmasi - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menjadi indikator kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Atma Jaya (RSAJ) serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap pasien rawat jalan Poli Cosmas dan Poli Bonaventura, petugas farmasi, dan kepala farmasi di RSAJ. Wawancara dilakukan berdasarkan lima dimensi SERVQUAL, yaitu bukti fisik (tangibles), daya tanggap (responsiveness), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pasien merasa puas dengan pelayanan kefarmasian di RSAJ, terutama dalam hal kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu, kerapihan petugas, serta kemampuan petugas dalam memberikan informasi obat. Namun, terdapat ketidakpuasan pada dimensi daya tanggap, khususnya terkait waktu tunggu pengambilan obat yang lama di Poli Cosmas akibat kurangnya tenaga farmasi. Selain itu, pasien Poli Bonaventura menyoroti kebutuhan penambahan fasilitas seperti tisu dan hand sanitizer di ruang tunggu.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)