Peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian menjadi tuntutan utama dalam menghadapi ekspektasi masyarakat terhadap layanan kesehatan yang cepat dan efisien. Resep elektronik hadir sebagai inovasi untuk mempercepat waktu pelayanan dibandingkan resep manual. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh waktu pelayanan berdasarkan jenis resep terhadap loyalitas pelanggan di Apotek Atma Jaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif cross-sectional dengan 276 responden melalui observasi dan kuesioner. Hasil menunjukkan rata-rata waktu pelayanan resep elektronik (18 menit) lebih cepat dibandingkan resep manual (24 menit). Uji regresi linear menunjukkan bahwa jenis resep berpengaruh signifikan terhadap waktu pelayanan (p <0,001). Namun, hasil analisis jalur menunjukkan bahwa waktu pelayanan tidak memediasi hubungan antara jenis resep dan loyalitas pelanggan (p = 0,424). Sebaliknya, jenis resep memengaruhi loyalitas secara langsung dan signifikan (p <0,001). Studi ini juga menunjukkan bahwa loyalitas lebih tinggi pada pengguna resep manual (p <0,001). Selain itu, jenis kelamin (p < 0,001) dan pendapatan (p < 0,001) juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Studi ini menyimpulkan bahwa waktu pelayanan perlu disertai dimensi service quality lainnya untuk meningkatkan loyalitas secara berkelanjutan. Selain itu, perlu dilakukan antisipasi dengan adanya bias dari penelitian, seperti pelanggan yang menggunakan BPJS. |