Anda belum login :: 05 Jun 2025 01:38 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw pada Pokok Bahsa Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Motivasi Belajar
Oleh:
Novianti, Idha
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan (Universitas Terbuka) vol. 13 no. 1 (Mar. 2012)
,
page 23-31.
Topik:
Jigsaw
;
Motivasi
;
Prestasi
;
STAD
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ142.2
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Tujuan dari penelitian ini adalah unutk menyelidiki: (1) Apakah para siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki prestasi matematika lebih baik daripada sisa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe jagwas kooperatif dan model pembelajaran konvensional dan apakah siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jagsaw pencapaian matematika lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada subjek Dua Variabel Sistem Persamaan Linear, (2) Di antara model pembelajaran kooperatif jenis STAD, jenis Jigsaw dan model pembelajaran konvensional yang menghasilkan prestasi yang lebih baik belajar bila dilihat dari motivasi belajar siswa, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi-eksperimental. Populasi adalah semua siswa kelas VII dari Sekolah SMP Negeri di Kota Surakarta pada tahun akademik 2012/2011. ampel penelitian ini adalah 283 siswa dan diambil dengan teknik cluster sampling stratified random Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis dua arah berbeda dengan sel tak sama, pra-syarat yang dianalisis menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas, uji homogentitas menggunakan uji Bartlett, pada tingkat signifikansi = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Siswa diajarkan dengan model Jigsaw dan model pembelajaran konvensional dan siswa diajarkan dengan model Jigsaw pencapaian matematika yang sama dari siswa diajarkan dengan pembelajaran konvensional model pada subjek Dua Variabel Sitem Persamaan Linear, (2) Dalam setiap kategori motivasi belajar, yaitu, tinggi, rendah, dan menengah, siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan model pembelajaran konvensional, dan siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memiliki prestasi matematika yang sama dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)