Anda belum login :: 04 Jun 2025 23:30 WIB
Detail
ArtikelImplementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Upaya Meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa  
Oleh: Karso ; Rohayati, Ade ; Dahlan, Jarnawi Afgani
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Pendidikan (Universitas Terbuka) vol. 13 no. 2 (Sep. 2012), page 65-76.
Topik: Berfikir Kreatif; Berfikir Kritis; Konflik Kognitif
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ142
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelBeberapa peneliti menemukan indikasi bahwa konflik kognitif dalam pembelajaran muncul dari proses kolaborasi ketika siswa mengajak satu sama lain untuk mengkontruksi bersama (co-construct) pengetahuan tersebut. Secara konseptual temuan itu merupakan sebuah kekeliruan. Klaim argumentasi ini adalh konflik kognitif yang produktif terjadi dalam konteks kooperatif, dan tidak secara individual. Dilain pihak konflik kognitif jarang terjadi dari proses kolaboratif dan proses penyusunan konsensus, tetapi justru pada saat konflik secara pribad (interpersonal). Studi ini mengkaji implementasi strategi konflik kognitif dalam pembelajaran matematika melalui belajar kelompok dan individual dengan subjek yang diteliti adala siswa SMP. Melaui desain Pre dan Post Test Contro Group Design diperoleh hasil bahwa kualitas peningkatan kemampuan berfikir kritis baik secara kooperatif maupun secar individual berada pada kategori rendah. Dari pengujian diperoleh kesimpulan bahwa walaupun peningktan kemapuan berfikir kedua kelompok berada pada level yang sama, tetapi secara statistic berbeda secara berarti. Begitu juga untuk peningkatan kemampuan berfikir kreatif, walaupun kedunya berada pad atingkat rendah, tetapi secara statistic menunjukkan perbedaan yang berati. l
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)