Anda belum login :: 25 Apr 2025 07:46 WIB
Detail
ArtikelIlusi Uang: Pengaruh Jumlah Nol pada Tampilan Harga Terhadap Willingness to Pay  
Oleh: Muda, Sidiq Maulana
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Manasa: Jurnal Ilmiah Psikologi vol. 1 no. 1 (Jun. 2012), page 57 – 65.
Topik: Ilusi; Willingness to Pay; Ilusi Uang
Fulltext: 57-65 Ilusi Uang Pengaruh Jumlah Nol pada Tampilan Harga Terhadap Willingness to Pay.pdf (8.6MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: M68
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelDalam waktu dekat, pemerintah Indonesia akan meluncurkan kebijakan redenominasi yang memangkas jumlah nol pada rupiah sebanyak tiga digit. Penelitian ini berusaha untuk melihat pengaruh dari pengurangan jumlah nol pada tampilan harga terhadap terjadinya ilusi uang yang diukur melalui skor willingness to pay (WTP). Partisipan merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (N = 136). Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara jumlah nol terhadap WTP (F (3,132) = 3,235, p < 0,05), namun dengan tingkat pengaruh yang berbeda-beda pada setiap jenis treatment. Diharapkan penelitian ini turut berguna bagi para pengambil kebijakan, pelaku pasar, maupun konsumen di Indonesia dalam merespon rencana redenominasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)