Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi variabel literasi keuangan, efikasi keuangan, sikap keuangan, perilaku keuangan, dan kecerdasan spiritual terhadap kesejahteraan keuangan guru sekolah Jesuit di Indonesia. Pendekatan kuantitatif dengan persamaan struktural (SEM-PLS) digunakan untuk menganalisis 225 data responden yang dikumpulkan melalui instrumen survei yang dirancang untuk mengukur variabel-variabel yang menjadi perhatian. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa perilaku keuangan memiliki peran mediasi signifikan dalam hubungan antara literasi keuangan, efikasi keuangan, sikap keuangan, kecerdasan spiritual, dan kesejahteraan keuangan. Efikasi keuangan muncul sebagai prediktor langsung terhadap kesejahteraan keuangan. Kecerdasan spiritual dan sikap keuangan secara tidak langsung meningkatkan kesejahteraan melalui pengaruhnya terhadap perilaku keuangan. Menarik bahwa literasi keuangan tidak secara langsung berdampak pada kesejahteraan keuangan tetapi secara tidak langsung berkontribusi melalui pengaruhnya terhadap perilaku keuangan. |