Anda belum login :: 15 Jun 2025 07:31 WIB
Detail
BukuPengembangan Media Interaktif Pada Materi Peredaran Darah Menggunakan Metode ADDIE
Bibliografi
Author: N, PAUELINA CHARMELITA ; Bata, Julius Victor Manuel (Advisor)
Topik: Media Interaktif; Sistem Peredaran Darah; Metode ADDIE
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Sistem Informasi Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pengembangan media interaktif ini didasari dan dilatarbelakangi dari kurangnya siswa sekolah dasar dalam memahami Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya di bagian-bagian dasar struktur peredaran darah manusia. Para siswa sekolah dasar kurang bisa memahami beberapa hal-hal penting tentang sistem kardiovaskular atau yang disebut juga dengan sistem peredaran darah. Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, maka peneliti mengembangkan media interaktif singkat yang dapat di akses di desk-top atau komputer masing-masing. Media interaktif ini memberikan materi-materi da-sar dari sistem peredaran darah, latihan berupa kuis interaktif dan penilaian dari kuis interaktif tersebut, untuk memberikan pemahaman kepada siswa. Pengembangan dari media interaktif ini menggunakan metode ADDIE, yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan yang ter-akhir adalah Evaluasi (Evaluation). Proses dalam Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation) pada media interaktif dilakukan di SD Harapan Mulia yang melibatkan siswa kelas 5 sekolah dasar sebagai sumber subjek dari penelitian. Hasil dari Evaluasi (Evaluation) berupa kuesioner dan akan digunakan untuk menguji pem-ahaman siswa tentang dasar dari peredaran darah. Dan setelah bagian dari Evaluasi (Evalution) dijalankan, kesimpulannya menyatakan bahwa hasil dari nilai N-Gain yai-tu sebanyak 0,71 dan masuk kedalam kriteria Tinggi. Maka dapat disimpulkan siswa-siswi memahami tentang sistem peredaran darah setelah menggunakan media inter-aktif ini. Kemudian untuk hasil usability menggunakan metode SUS didapati skor dengan nilai 80,28 dan dikategorikan Acceptance Grade A / Rating: Excellent. Maka dapat disimpulkan media interaktif ini mudah digunakan untuk menjadi pembelajaran tentang dasar dari sistem peredaran darah bagi siswa-siswi kelas 5 SD.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)