Anda belum login :: 06 Jun 2025 11:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Seksisme Terhadap Gamer Perempuan pada Gamer Dewasa Muda
Bibliografi
Author:
ASTIANTI, COLETA VERDANA
;
Adishesa, Made Syanesti
(Advisor)
Topik:
Sekisme
;
Online Video Game
;
Gender
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
202107000164 - Coleta Verdana Astianti - Made Syanesti Adishesa, M.Psi., Psikolog - Gambaran Seksisme Terhadap Gamer Perempuan pada Gamer Dewasa Muda - 2-5 Juni 2025.pdf
(1.37MB;
0 download
)
202107000164_Coleta Verdana Astianti_Lembar Administrasi.pdf
(764.57KB;
0 download
)
Abstract
Fenomena seksisme dalam komunitas online video game menjadi isu yang masih signifikan diperbincangkan. Seksisme yang ditunjukkan kepada gamer perempuan semakin mendominasi permasalahan. Fenomena ini menggamkarkan eksklusifitas dunia game yang didominiasi oleh laki-laki. Adaupun Indonesia memiliki salah satu kepercayaan budaya patriarki. Budaya tersebut menempatkan laki-laki sebagai pihak yang dominan dalam kehidupan sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat tingkat seksisme gamer dewasa muda terhadap gamer perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis desain penelitian convenience sampling. Partisipan peneliitan merupakan dewasa muda, yaitu individu berusia 18-25 tahun dan akitf bermain online video game. Peneliti melakukan pengambilan data dengan menggunakan alat ukur Sexism Against Women Gamer Scale (SAWGS) yang diadaptasi ke bahasa Indonesia.Terdapat variasi yang beragam dari hasil penelitian dengan 230 responden. Penelitian menunjukkan terdapat gambaran yang unik yaitu perempuan memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Namun, berbagai data tambahan yang dikumpulkan seperti durasi bermain game, pendidikan, dan profesi kurang memperlihatkan adanya perbedaan yang signifikan dengan total skor seksisme. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan alat ukur serta uji statistik lainnya untuk melihat faktor pendukung seksisme pada online video game.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)